Wednesday, August 15, 2007

interkoneksi

lagi belajar interkoneksi,sekalian aja lah cerita2. jadi gini,kan di dunia,di indonesia lah,kan ga cuma ada 1 operator telekomunikasi,jadi selain ada retail/inbound traffict 1 operator,juga ada traffict antar operator.nah itu istilahnya interkoneksi,di situ ada rule n sgala macem,buat mengatur traffict ketika terjadi hubungan antar operator,hehe gw bingung m tulisan sendiri.maap y.mudah2an ngerti lah.

so,smua kan di atur.dari jaringan,mulai dari msc,trunk yg berhubungan dengan operator laen,jauhnya jarak,titik temu dengan operator lain,transit lewat operator ke 3,dll.

intinya,semua balik ke duit.pasti ada saling tagih menagih antar operator karena sudah terjadi pemakaian jaringan operator laen.buat saling tagih ini ada rulenya juga.kalo ga salah ada 2,yg pertama istilahnya revenue sharing,bagi hasil dengan ketentuan2 yg udah disepakatin m operator yg mau berinterkoneksi,ini udah ga dipake lagi di indonesia,katanya seh ga adil gitu.trus yg kedua istilahnya cost based,kaya ada rule perhitungan tersendiri berdasarkan jarak gitu,pendudukan jaringan lawan ato titik temu antar jaringan.

trus gimana caranya,y kembali ke sampah record yg di generate dari msc,kan setiap transaksi pasti tercatat di msc,trus msc nyampah record2 itu ke file,namanya cdr.cdr ini berisi transaksi transaksi yg digenerate m msc dalam durasi tertentu.trus di kumpulin m operator yg punya.

isi cdr sendiri yg intinya data transaksi,kaya nomor yg nelpon a#,yg ditelpon b#,tanggal n kejadian,durasi n data2 laen kaya trunk,flag call type,call release type,dll.

trus kalo masalahnya yg timbul pasti gara2 ada perbedaan,entah karena data ilang ato jam msc/mesinnya yg ga sama dng operator lain,durasi.dll lah,abis pernah ngerasain ada masalah ga keluar b#,malah msin.

trus gimana lagi,y gitu,harus dipetain satu2 setiap transaksi antara data2 operator yg berinterkoneksi.istilahnya volume compare.

0 Comment :